Indahnya Shalat Tahajud Rasulullah

Muhammad adalah seorang Rasulullah, walaupun beliau orang yang maksum tetapi tetap memiliki sebuah amalan ibadah ibadah yang luar biasa. Amalan itu adalah shalat Tahajud. Bahkan shalat Tahajud ini merupakan gemblengan Allah kepada genarasi awal untuk meneguhkan mereka. Sehingga mereka mampu untuk mengemban misi menyebarkan dan mempertahankan tauhid di muka bumi ini.

Rasulullah adalah orang yang paling mengetahui tentang Allah, orang yang paling taqwa dan orang yang paling dicintai allah. Tak seorang pun yang dapat menyamai rasulullah dalam hal ini, apalagi melebihinya. Makanya, dalam setiap kesempatan beliau selalu menyibukkan diri beribadah kepada Allah, tak terkecuali waktu tengah malam saat manusia terlelap dalam tidur panjangnya. Beliau selalu mengisi malam-malam dengan shalat tahajud dan bermunajat kepada Allah.

Dari ‘Aisyah ia berkata : “Rasulallah mengerjakan shalat malam setelah mengerjakan shalat isya’ hingga waktu fajar menyingsing.” (HR. Ahmad).

Abdullah bin Rawahah mensifati Nabi dengan berkata : “Beliau tidur malam (hanya sebentar), lambungnya jauh dari tempat tidurnya. Walaupun sebenarnya bagi orang-orang musyrik meninggalkan tempat tidur itu sangat berat.” (HR. Al Bukhari).

Pemanasan Sebelum Tahajud
Rasulullah bila hendak melaksanakan shalat tahajud, beliau membuka dengan shalat ringan dua rakaat. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan rasa kantuk dan agar ringan dalam melaksanakan shalat Tahajud.

Diriwayatkan dari ‘Aisyah, dia berkata : “Adalah Rasulullah jika bangun di malam hari untuk melaksanakan shalat, maka beliau membuka shalatnya dengan mengerjakan shalat dua rakaat ringan.” (HR. Muslim).

Dalam riwayat yang lain dari Abu Hurairah, Nabi bersabda : “Jika salah seorang di antara kalian mengerjakan shalat di malam hari, maka hendaklah ia membukanya dengan dua rakaat ringan.” (HR. Muslim).

Lama berdiri Rasulullah
Rasulullah suka memanjangkan waktu berdiri dalam mengerjakan shalat Tahajud. Ketika beliau ditanya, “Shalat seperti apa yang paling utama?” Beliau menjawab : “Shalat yang panjang berdirinya.” (HR. Ad Darimi).

Dalam hadits yang diriwayatkan dari huzaifah bahwa ia berkata : “Aku pernah mengerjakan shalat bersama nabi pada suatu malam. Beliau membuka rakaat dengan bacaan surat Al Baqarah, dan baru ruku’ kira-kira pada ayat ke seratus. Beliau melanjutkan shalatnya, kemudian membaca kelanjutan surat Al Baqarah pada satu rakaat berikutnya hingga selesai, baru kemudian rukuk. Pada rakaat berikutnya beliau membaca surat An Nisa’ hingga selesai, dan dilanjutkan kemudian dengan membaca surat Ali Imran secara perlahan hingga selesai pula. Jika melewati ayat yang berisi tasbih, beliau pun bertasbih, jika melewati ayat tentang permohonan beliau pun memohon, dan jika melewati ayat tentang perlindungan maka beliau pun memohon perlindungan. Sesudah itu, beliau pun rukuk dan membaca, Subhaana rabbiyal ‘adzim (Maha suci rabbku yang agung).” Lama rukuk beliau kurang lebih sama dengan lamanya berdiri. Sesudah itu, beliau mengucapkan, “Sami allahu liman hamidah (Allah maha mendengar orang yang memuji-Nya).” Sesudaha itu, beliau berdiri lagi cukup lama, kurang lebih hampir sama dengan waktu rukuk. Selanjutnya, beliau bersujud dan membaca “Subhana rabbiyal a’la(Maha suci allah yang maha tinggi).” (HR. Abu Dawud).

Kesungguhan Rasulullah

Rasulullah adalah contoh orang yang bersungguh-sungguh dalam melaksanakan shalat Tahajud. Sebagai bukti hingga kaki beliau bengkak. Sebagaimana dijelaskan hadits dari Mughirah bin Syu’bah, bahwa Nabi Shalat hingga kedua kakinya bengkak. Kemudian beliau ditanya, : “Mengapa engkau terlalu memaksakan diri seperti ini, padahal Allah telah mengampuni dosa-dosamu yang telah lalu dan yang akan datang?” Beliau menjawab : “Tidak bolehkan aku menjadi hamba yang pandai bersyukur?”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam riwayat yang lain ‘Aisyah, ia berkata : Rasulullah apabila shalat malam beliau berdiri hingga kedua kakinya bengkak.” A’isyah bertanya: “Mengapa engkau berbuat seperti ini, padahal allah telah mengampuni dosa-dosamu yang telah lalu dan yang akan datang”. Maka Nabi menjawab: “Tidak bolehkan aku menjadi hamba yang pandai bersyukur?” (HR. Bukhari dan Muslim).

Rasulullah tidak pernah meninggalkan shalat tahajud walaupun sakit. Sebagaimana diriwayatkan ‘Aisyah berkata : “Hendaklah kalian melakukan qiyamullail karena Rasulullah tidak pernah meninggalkannya, jika beliau sakit maka beliau melakukannya sambil duduk.” (HR. Ahmad dan Muslim).
Penutup shalat malam

Setelah mengerjakan shalat malam Rasulullah menutupnya dengan shalat Witir. Ini berdasarkan riwayat dari A’isyah, bahwa Nabi mengerjakan shalat malam, sementara itu, ‘Aisyah tidur melintang di hadapan beliau. Ketika tinggal mengerjakan shalat witir, maka beliau membangunkannya, lalu ia pun ikut shalat Witir.” (HR. Muslim).

Dalam riwayat yang lain Rasulullah ketika tinggal mengerjakan shalat Witir, maka beliau berkata kepada ‘Aisyah: “Bangunlah dan kerjakanlah shalat witir wahai ‘Aisyah.” Inilah protret keluarga yang sakinah mawaddah warahmah dengan senantiasa membiasakan shalat malam. (Anwar/Annajah)


http://www.an-najah.net