Sholat Adalah Amal Pertama Dihisab


Albani dalam kitab, Silsilah al-Ahadits ash-Shahihah ,menyebutkan Nabi SAW bersabda”Yang pertama kali ditanya kepada seorang hamba pada hari kiamat adalah perhatian kepada sholatnya. Jika shalatnya baik, dia akan beruntung. Dan jika sholatnya rusak, dia akan gagal dan merugi. (HR Tabrani, Tirmidzi dan An Nasa-i)

Dari Anas bin Malik ra, Nabi SAW bersabda,
 “Yang pertama kali akan dihisab dari amal perbuatan manusia pada hari kiamat adalah shalatnya, jika sholatnya baik akan baik pula seluruh amalnya. Jika shalatnya rusak , rusak pula seluruh amalnya
(HR Abu Daud:At-Tirmizi, Shahih Al-Jami’,  al-Albani)

Oleh sebab itu perbaiki shalat, bukan sekedar melepaskan kewajiban semata, namun menjaga segala adab, tatacara, kekhusukan dan segala hal terkait dengan yang membuat sholat menjadi baik dan sempurna.

Jangan pernah menyerah jika Anda atau kita semua belum mampu untuk mengerjakan sholat dengan sempurna, teruslah berusaha. Seiring dengan waktu Anda akan mampu (dengan pertolongan dan izin Allah SWT) untuk melaksanakan sholat dengan khusuk dan sempurna. Insya Allah.

Salah satu upaya melengkapi sholat dengan sempurna adalah dengan mengerjakan sholat sunnah rawatib.


Nabi SAW bersabda "Sesungguhnya pertama-tama yang akan diperhitungkan (hisab) dari amal perbuatan manusia pada Hari Kiamat kelak adalah shalat. Rabb kita akan berfirman kepada malaikat-malaikat-Nya. Karena Dia Dzat Yang Maha Mengetahui, "Wahai para malaikat-Ku, periksalah shalat hamba-Ku, sudahkah sempurna shalatnya atau masih kurang? Apabila didapatkan sudah cukup sempurna, akan dicatat sudah sempurna. Akan tetapi, apabila didapati kurang sempurna, Allah akan berfirman, "Periksa kembali, apakah hamba-Ku itu memiliki amalan shalat sunah (tathaawwu’)?” Apabila didapati bahwa ia memiliki amalan sunah tambahan (shalat sunah tathawwu’), Allah akan berfirman, "Cukupkan dan sempurnakan shalat fardhu hamba-Ku itu oleh shalat sunahnya.” Kemudian, amal perbuatan sang hamba itu diperhitungkan menurut cara seperti ini.” (HR Abu Daud).